Jumat, 16 Januari 2015

Pengenalan Arduino Development Environment (IDE)



Arduino Development Environment
Arduino Development Environment adalah perangkat lunak yang di gunakan untuk memprogram arduino baik berupa proses upload dan proses compile,didalam Arduino Development Environment terdiri dari editor teks untuk menulis kode, sebuah area pesan, sebuah konsol, sebuah toolbar dengan tomol-tombol untuk fungsi yang umum dan beberapa menu. Arduino Development Environment terhubung ke arduino board untuk meng-upload program dan juga untuk berkomunikasi dengan arduino board.
Perangkat lunak yang ditulis menggunakan Arduino Development Environment disebut sketch. Sketch ditulis pada editor teks. Sketch disimpan dengan file berekstensi .ino. Area pesan memberikan memberikan informasi dan pesan error ketika kita menyimpan atau membuka sketch. Konsol menampilkan output teks dari Arduino Development Environment dan juga menampilkan pesan
error ketika kita mengkompile sketch. Pada sudut kanan bawah dari jendela
Arduino Development Environment menunjukkan jenis board dan port seriak yang sedang digunakan. Tombol toolbar digunakan utuk mengecek dan mengupload sketch, membuat, membuka atau menyimpan sketch, dan menampilkan serial monitor. seperti gambar berikut ini :
sumber : http://aozon.blogspot.com/2014/03/mengenal-dan-menulis-sketsa-sketch.htma
             http://www.arduino.cc

Berikut ini adalah tombol-tombol toolbar serta fungsinya:

NoIconNamaFungsi
1
VerifyMengecek kode yang dibuat apakah error atau tidak
2
UploadMengkompilasi kode dan upload ke papan Arduino I / O.
3
NewMembuat sketsa baru
4
OpenMembuka sketsa yang telah dibuat
5
SaveMenyimpan sketsa yang dibuat/ diedit
6
Serial MonitorMembuka monitor serial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar